Home » » Studi: 73 Persen Guru Pakai Ponsel di Kelas

Studi: 73 Persen Guru Pakai Ponsel di Kelas

Written By C. SUkandi on Kamis, 28 Februari 2013 | 04.45

Guru-guru di sekolah menengah ternyata menggunakan perangkat digital di kelas dan kehidupan profesional mereka. Studi yang dilakukan Pew Research Center's Internet and American Life Project menyelidiki penggunaan teknologi di kalangan guru.

Responden terdiri dari guru-guru di Advance Placement and National Writing Project di Amerika Serikat. Dari seluruh responden yang disurvei, 92 persen menyebutkan internet memiliki dampak besar terhadap kemampuan mereka mengakses konten dan bahan untuk mengajar. Menurut Associate Director for Research Pew Kristen Purcell, guru-guru menjadi pengguna teknologi canggih.

"Ditemukan pula bahwa orang yang sangat ingin melihat perangkat itu menjadi bagian dari lingkungan pendidikan," kata Purcell.

Penggunaan teknologi bergerak mendominasi proses belajar-mengajar. 73 persen guru mengatakan mereka atau murid-muridnya menggunakan ponsel di kelas atau untuk menyelesaikan tugas. Hampir separuh responden menggunakan mesin pembaca elektronik dan komputer untuk mengajar.

Tidak hanya pendidik yang menggunakan perangkat di kelas. Tetapi mereka juga masuk kategori dewasa yang ketergantungan pada dunia daring ketika menggunakan perangkat teknologi. 58 persen guru yang disurvei memiliki ponsel pintar (smartphone). Mereka juga suka mengakses situs jejaring sosial seperti Facebook, LinkedIn dan Twitter. Ada perbedaan di kalangan guru. Guru bahasa Inggris lebih sering memanfaatkan jejaring sosial daripada guru matematika. 

"Guru juga sungguh aktif berbagi," kata Co-founder Common Sense Media Linda Burch.

Ada orang-orang yang ingin menambah wawasan dari orang lain dan melalui literatur digital. Mereka ingin selalu memperbaiki diri.

Selain itu, guru juga dalam posisi harus menjaga hubungan baik dengan murid-muridnya dan bekerja untuk mengenalkan kreativitas ke dalam kelas. 64 persen guru berusia di bawah 35 tahun sangat percaya pada teknologi baru. Fakta tersebut jauh berbeda dengan 44 persen guru yang berusia 55 tahun ke atas.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. . - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger