Home » » Ingin Percepat Transisi Politik, Menlu AS Bertemu Pemimpin Oposisi Suriah

Ingin Percepat Transisi Politik, Menlu AS Bertemu Pemimpin Oposisi Suriah

Written By C. SUkandi on Kamis, 28 Februari 2013 | 04.31

Roma, - Negara-negara besar akan menggelar pertemuan dengan oposisi Suriah di Roma, Italia. Menjelang pembicaraan itu, Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat, John Kerry pun akan bertemu dengan pemimpin oposisi Suriah, Ahmed Moaz al-Khatib.

Sebelumnya, Kerry telah mengatakan bahwa oposisi Suriah membutuhkan lebih banyak bantuan dalam perang melawan rezim Presiden Bashar al-Assad. Washington pun ingin mempercepat transisi politik di negeri yang dilanda konflik berkepanjangan itu.

Kerry menegaskan, Washington siap meningkatkan dukungannya untuk oposisi Suriah. "Kami tengah menganalisa dan mengembangkan cara-cara untuk mempercepat transisi politik yang diinginkan rakyat Suriah, dan itulah yang akan kami bahas di Roma," kata Kerry sebelum pertemuan The Friends of Syria yang akan digelar di Roma pada Kamis waktu setempat.

Dikatakan Kerry seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (28/2/2013), dirinya ingin mendengar dari pemimpin oposisi Suriah, Khatib mengenai cara terbaik untuk menghentikan pertumpahan darah di Suriah.

"Itu mungkin mengharuskan kita untuk mengubah kalkulasi Assad saat ini. Dia perlu tahu bahwa dia tak bisa memaksakan caranya," tutur Kerry.

"Saya pikir oposisi membutuhkan bantuan lebih besar agar bisa melakukan hal itu dan kami tengah bekerja sama untuk memiliki kesamaan sikap," tandasnya.

Konflik yang terjadi di Suriah telah berlangsung sejak Maret 2011 lalu. Menurut PBB, lebih dari 70 ribu orang, sebagian besar warga sipil, telah tewas akibat pertumpahan darah tersebut.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. . - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger