Home » » Anak Laki-Laki Kurangi Kehidupan sang Ibu

Anak Laki-Laki Kurangi Kehidupan sang Ibu

Written By C. SUkandi on Kamis, 28 Februari 2013 | 23.04

Sebuah penelitian menemukan bahwa melahirkan seorang anak laki-laki bisa mengurangi usia hidup sang ibu. Ditemukan, anak-laki-laki bisa mengurangi kehidupan ibunya hingga rata-rata delapan setengah bulan.

Dan lucunya, efek tersebut tidak berpengaruh sama sekali terhadap sang ayah. Penelitian ini dilakukan oleh ahli ekologi evolusi Dr Samuli Helle dari University of Turku di Finlandia serta Dr Virpi Lummaa dari Universitas Sheffield di Inggris. Hasilnya juga telah diterbitkan di jurnal Biology Letters edisi Februari 2013.

Helle dan timnya melihat keberlangsungan hidup ibu pascamelahirkan pada 11.166 ibu dan 6.360 ayah di Finlandia. "Terlepas dari akses ke sumber daya, ibu dengan banyak anak laki-laki mengalami penurunan kelangsungan hidup pascareproduksi," tulis mereka dalam laporan hasil studi.

Subjek yang diteliti lahir di Finlandia dari berbagai wilayah selama abad 17 sampai 20. Periode waktu ketika sebagian besar masyarakat pertanian belum memiliki akses medis modern.

Para peneliti menemukan bahwa ibu yang melahirkan rata-rata enam anak laki-laki akan hidup rata-rata 32,4 tahun lagi setelah kelahiran putra bungsu. Sementara itu, seorang ibu yang melahirkan anak perempuan akan hidup sekitar 33,1 tahun setelah putri bungsunya lahir.

Harapan hidup lebih pendek juga sama, terlepas dari status sosial atau finansial, meskipun Helle mengatakan bahwa faktor sosial dan budaya juga bisa memainkan faktor.

Helle mengatakan, "Penelitian menunjukkan semakin banyak anak laki-laki yang Anda miliki semakin rendah tingkat keberlangsungan hidup ibu. Itu karena bayi laki-laki cenderung membutuhkan lebih banyak nutrisi dari tubuh ibu selama kehamilan."

Namun, para ibu modern dengan anak laki-laki tidak perlu khawatir karena kondisi kini tentu sangat berbeda dari apa yang dialami para ibu dalam penelitian ini yang sebagian besar lahir sebelum 1960.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. . - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger